Pages

Subscribe:

Kamis, 20 Oktober 2011

Dasar Belajar Java

Saatnya kembali pada kegiatan menulis di Blog.Kali ini saya kan kembali membahas tentang java. penulisan program pada bahasa java dan bahasa lainnya tidaklah jauh berbeda. Karena menurut saya, sebagian besar bahasa pemrograman berasal dari pengembangan bahasa yang telah ada sebelumnya. Seperti pada postingan saya sebelumnya, bahasa pemrograman java merupakan pengembangan dari bahasa C.
Kini saatnya memulai bagaimana belajar menulis program dalam bahasa java.
1. Langkah awal dalam menulis dalam bahasa java adalah mengetahui bahasa java itu sendiri. :D
2. Mengetahui apa yang dimaksud dengan Statement, Block Statement, komentar, Ekspresi.
3. Mengetahui literal yang ada dalam bahasa java dan implementasiannya ke dalam Tipe Data.
4. Belajar memberi Identifier serta deklarasi Class, Method dan Variable.


Oke sekarang saya akan menjelaskan sedikit tentang bahasa pemrograman Java.
Java sendiri adalah bahasa pemrograman berorientasi pada objek atau yang lebih sering disebut dengan Object Oriented Programing (OOP). Selain bahasa java, ada banyak bahasa pemrograman lain yang menggunakan konsep OOP, contohnya adalah bahasa pemrograman C++. Dalam OOP menekankan pada beberapa konsep yang harus dimengerti oleh programer yang menggunakan konsep OOP, yaitu :
  1. Class Class adalah kumpulan atas definisi data dan fungsi-fungsi dalam suatu unit untuk suatu tujuan tertentu. Sebagai contoh 'class of dog' adalah suatu unit yang terdiri atas definisi-definisi data dan fungsi-fungsi yang menunjuk pada berbagai macam perilaku/turunan dari anjing. Sebuah class adalah dasar dari modularitas dan struktur dalam pemrograman berorientasi object.
  2. Object Object adalah sesuatu yang membungkus data dan fungsi bersama menjadi suatu unit dalam sebuah program komputer; objek merupakan dasar dari modularitas dan struktur dalam sebuah program komputer berorientasi objek.
  3. Enkapsulasi Memastikan pengguna sebuah objek tidak dapat mengganti keadaan dalam dari sebuah objek dengan cara yang tidak layak; hanya metode dalam objek tersebut yang diberi izin untuk mengakses keadaannya. Setiap objek mengakses interface yang menyebutkan bagaimana objek lainnya dapat berinteraksi dengannya. Objek lainnya tidak akan mengetahui dan tergantung kepada representasi dalam objek tersebut.
  4. Pewarisan Pewarisan merupakan pewarisan sifat kelas dari induk kelas ke anaknya. Di sini programer dapat mengembangkan kelas yang sudah ada untuk membuat kelas baru. Kita bisa memodifikasi sifat-sifat kelas induk, menambah, mengurangi, maupun memperbaiki untuk dijadikan sifat kelas anak. Penurunan kelas ini dapat dilakukan secara bertingkat-tingkat sehingga semakin kebawah maka kelas itu menjadi semakin spesifik.
  5. Polimorfisme Polimorfisme adalah kemampuan objek-objek yang berbeda kelas tapi terkait dalam pewarisan untuk merespon secara berbeda terhadap suatu pesan yang sama. Polimorfisme juga diartikan kemampuan suatu objek untuk memutuskan method mana yang akan diterapkannya terhadap suatu masalah.


Lanjut pada pembahasan berikutnya, yaitu mengenal Statement, Block Statement, komentar, Ekspresi. Dalam pengertian program itu sendiri adalah sekumpulan perintah yang dapat dijalankan oleh komputer. Dalam setiap program pasti paling tidak ada satu baris perintah. Dalam java, perintah disebut juga statement. Untuk lebih jelasnya lagi berikut adalah penjelasan singkat mengenai Statement, Block Statement, komentar, Ekspresi.
  • Statement Statement adalah bagian terkecil dalam sebuah program untuk melaksanakan suatu tugas tertentu, seperti memanggil metode, mendeklarasikan variabel, membandingkan dua buah variabel, mengassign suatu nilai ke dalam variabel, dll. Dalam bahasa pemrograman java, suatu statement diakhiri dengan semicolon(;). Contoh statement adalah sebagai berikut :
    String namaSaya;
                 Int umurSaya;
                 System.out.print("Hello World");
    
  • Block Statement Adalah sekumpulan statement yang diapit dengan kurung kurawal buka ({) dan kurung kurawal tutup ( } ). Dalam penerapannya, dapat kita lihat pada saat membuat sebuah method ataupun pada statement control. Contohnya :
    public static void main(String[] args){
                              .......
                              .......
                 }
    
  • Ekspresi Ekspresi sendiri adalah sebuah statement, tetapi ekspresi dapat mengembalikan sebuah hasil berupa nilai. Contohnya :
    nilai = 3 + 5;
                 luas = p * l;
    
    Dalam contoh tersebut, ada yang disebut dengan operand dan operator. Operand adalah nilai awal (dalam contoh : 3, 5, p, l) dan dalam contoh tersebut operator adalah tanda tambah ( + ) dan tanda perkalian ( * ).
  • Komentar Komentar adalah statement yang tidak dieksekusi oleh komputer. Dalam pendeklarasiannya ada 2 cara yang umum digunakan yaitu :
    • Satu baris komentar
      Contohnya :
      //ini komentar
      
    • Komentar dengan banyak baris
      Contohnya :
      /* ini komentar
                      dengan banyak baris
                      ini komentar
                      dengan banyak baris
                    */
      
karna keterbatasan waktu(harus berangkat kuliah), Untuk Penjelasan tentang Tipe Data, Identifier dan Variable akan saya bahas dalam postingan berikutnya .

0 komentar:

Posting Komentar